Biaya Bayi Tabung Kembar

BIAYA BAYI TABUNG KEMBAR

adalah sebuah pertanyaan yang keliru, dikarenakan tidak ada prosedur yang berbeda atau dibedakan sehingga tidak ada biaya tambahan juga yang perlu dikeluarkan dalam mengikuti program bayi tabung dengan potensi memperoleh anak kembar.

Pada kehamilan alami peluang untuk mendapatkan bayi kembar hanyalah berkisar 2-3% saja, dikarenakan wanita yang sedang mengalami ovulasi umumnya hanya akan melepas satu sel telur matang saja, yang tentunya secara umum akan berkembang menjadi satu embrio saja, sehingga kehamilan umumnya akan diisi oleh janin tunggal.

Tidak sama dengan kehamilan alami, pada bayi tabung si wanita akan dirangsang untuk memproduksi 5-15 sel telur yang akan dibuahi semua di laboratorium, bila jumlah embrio yang berkembang lebih dari 3 dengan usia pasien yang sudah berumur maka ada kemungkinan dokter menganjurkan penanaman 3 embrio sekaligus untuk meningkatkan peluang kehamilan. Maka hal inilah yang membuat peserta program bayi tabung lebih tinggi berkemungkinan memperoleh bayi kembar, dimana statistik menyatakan bahwa persentase kemungkinan bayi kembar pada bayi tabung adalah 25-30%

Bahkan ada kasus dimana pemasangan 3 embrio menghasilkan 4 janin yang berkembang, hal ini bisa terjadi karena ada satu embrio yang membelah membentuk kembar identik. Sehingga ketika lahir 2 dari empat anak tersebut adalah kembar identik.

Penjelasah bahwa jumlah bayi kembar identik juga lebih banyak didapat pada bayi tabung bila dibandingkan kehamilan alami adalah penggunaan obat yang merangsang hormon FSH pada peserta bayi tabung yang rata-rata telah berusia diatas 30 tahun, dimana pada usia diatas 30 tahun hormon FSH yang diproduksi tubuh wanita akan semakin meninggi, hormon FSH ini berfungsi untuk merangsang perkembangan sel telur, akibatnya perkembangan terlalu pesat oleh obat-obatan dan reaksi tubuh pasien, sehingga terkadang menghasilkan pembelahan yang menjadi kembar identik tersebut. Meskipun kembar identik pada prosedur bayi tabung hanya 0,95% tetapi bila dibanding kehamilan alami yang hanya berkemungkinan 0,45% saja maka bisa dikatakan perbedaannya cukup signifikan.

Adanya kekuatiran bahwa bayi kembar akan memiliki bobot ringan atau kurang sehat ketika dilahirkan tampaknya jarang terjadi pada bayi tabung, dikarenakan kehamilan yang sudah dalam pemantauan dokter dari awal ketika folikel baru berkembang sampai saat melahirkan membuat kualitas bayi kembar pada bayi tabung tergolong cukup aman dan sehat.

Jadi biaya bayi tabung kembar sama saja dengan biaya bayi tabung normal, untuk biaya lengkapnya silahkan klik disini