Pengertian Bayi Tabung

Yang pertama harus dijelaskan disini adalah BAYI TABUNG di Indonesia BUKAN DONOR SPERMA, pada bayi tabung di Indonesia sperma / air mani yang dipakai untuk pembuahan haruslah berasal dari Suami sah, demikian juga telur yang dibuahi haruslah telur yang berasal dari perempuan yang merupakan Istri sah dari pasangan yang memutuskan mengikuti program bayi tabung, dan selanjutnya wanita yang mengandungnya  juga haruslah sang Istri sah yang tersebut diatas. Undang-undang yang mengawasi penyelenggara kehamilan diluar cara alami di Indonesia mewajibkan hal tersebut. Pikiran yang salah ini harus kita perjelas dikarenakan begitu banyak kesalahan persepsi mengenai pengertian bayi tabung di Indonesia khususnya pada masyarakat menengah ke bawah.

Pemahaman yang salah berikutnya adalah arti harfiah dari bayi tabung karena TIDAK ADA TABUNG dalam proses bayi tabung. Proses pembuahan dilakukan pada silinder kecil berbentuk mangkuk kaca yang biasa kita sebut cawan petri pada saat di laboratorium.

PENGERTIAN BAYI TABUNG ;

Bayi Tabung secara umum berasal dari frase In Vitro Fertilization dimana In Vitro merupakan istilah latin yang memiliki arti ” Dalam Gelas Kaca ” sedangkan Fertilization adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang mana dalam bahasa Indonesia berarti ” Pembuahan “, jadi bila diterjemahkan maka kalimat In Vitro Fertilization memiliki arti  ” Pembuahan Dalam Gelas Kaca “, dalam pemahaman lebih luas lagi maka artinya adalah proses pembuahan sel telur oleh sperma yang terjadi di luar tubuh sang wanita, yaitu melalui pengaturan di laboratorium.

PROSES BAYI TABUNG ;

Pada prosesnya program bayi tabung meliputi rekayasa untuk memperbanyak dan memperbesar sel telur sang istri sampai pada ukuran ideal yang bisa dibuahi, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan semua sel telur yang memenuhi syarat melalui tindakan operasi, untuk selanjutnya dibuahi oleh benih yang berasal dari sang suami, dan ketika sel telur dan sperma berhasil menjadi embrio maka selanjutnya ditanamkan kembali ke rahim sang istri, biasanya setelah 10 hari dari pemasangan dokter akan mengumumkan keberhasilan program bayi tabung tersebut.

Untuk mengetahui bagaimana gambaran proses bayi tabung selengkapnya silahkan klik disini

BIAYA BAYI TABUNG ;

Biaya program bayi tabung pada setiap pasangan akan berbeda-beda tergantung siapa dari pasangan tersebut yang memiliki masalah kesuburan. Bila pokok permasalahan ada pada perempuan maka biayanya bisa dihitung dari jumlah obat-obatan, suntikan yang akan diterima, biaya pemeriksaan darah, usg ( ultrasonographic ), operasi pengambilan sel telur, tindakan transfer embrio ke rahim istri, dan perawatan penguat rahim saja. Tetapi bila lelakinya ikut bermasalah, maka akan ada biaya operasi pengambilan sperma dari buah pelir sang suami.

Diluar biaya yang tersebut diatas ada juga biaya freezing bila si ibu memiliki kondisi yang belum siap tanam atau mempunyai stok embrio yang berlebih. Jika rahim perempuannya harus dibenahi terlebih dahulu, tentu juga biaya tambahan untuk pembenahan rahim perempuan disini juga akan berbeda-beda tergantung pada kasusnya masing-masing, semisal ada miom atau peradangan saat OPU ( Oocyte Pick Up ) atau trauma rahim dan hal-hal lain yang memerlukan tindakan perawatan lanjutan pada pasien wanita.

Untuk perkiraan biaya yang lebih lengkap silahkan klik disini

REKOMENDASI TEMPAT BAYI TABUNG ;

Tempat bayi terbaik untuk mengikuti program bayi tabung akan berbeda pada tiap-tiap pasangan dimana sangat tergantung dari kondisinya, pada umumnya akan melihat usia wanita, dan masalah kesuburan apa ada pada perempuan atau si pria dan seberapa berat masalah kesuburan tersebut. Untuk di Indonesia, mengingat pengalaman dan tingkat keberhasilan tim bayi tabung maka untuk saat ini kami hanya akan menyarankan ke 2 tempat saja, selanjutnya dalam pasangan yang memiliki masalah yang lebih rumit kami juga menyarankan tempat bayi tabung diluar negeri yang masih berada di kawasan Asia Tenggara juga.

Untuk rekomendasi tempat bayi tabung dan faktor-faktor yang menjadi pertimbangan kenapa kami sampai menyarankan klinik tersebut, silahkan klik disini

PRESENTASE KEBERHASILAN BAYI TABUNG ;

Berapa besar tingkat keberhasilan bayi tabung sangat tergantung pada usia wanita, riwayat operasi ovarium, dan pilihan paket program yang diambil oleh pasangan peserta program bayi tabung. Pengetahuan ini akan membantu pasangan dalam memilih tempat bayi tabung yang tepat.

Untuk informasi detail tingkat keberhasilan bayi tabung dan bagaimana cara menyingkapinya silahkan klik disini

Recent Comments
    Archives
    Categories
    • No categories