Persiapan Bayi Tabung

Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk mengikuti program bayi tabung:

  1. Pertama yang perlu dipersiapkan tentu saja adalah dana, untuk di Indonesia sekitar Rp80jt, tetapiĀ  kami juga menyarankan bila anda telah memiliki usia diatas 35th dan mempunyai dana sekitar 65jt segera saja kunjungi klinik untuk diproses minimal sampai pengambilan telur saja (Sebagian besar dana akan habis sampai pada tahap ini, kira-kira 65jt) untuk embrionya difreezing dan ditanam dikemudian hari ketika dana telah mencukupi untuk penanaman dan perawatan kehamilan.
  2. Bagi wanita siapkan waktu setidaknya 50 hari, ini bisa dipecah menjadi 2 bagian, dimana yang 2 minggu (14 hari) pertama untuk bolak-balik ke klinik setiap harinya untuk suntikan stimulan sampai pengambilan telur dan diproses bayi tabung di laboratorium, dan 30 hari berikutnya untuk penanaman sampai hari usg penentuan hamil secara klinis. Jarak antara 2 tahapan proses tersebut dapat anda tentukan sendiri, tetapi disarankan tidak lebih dari 5 tahun.
  3. Hindari makanan yang teramat asam atau teramat pedas (berlaku juga untuk suami sampai pengambilan sperma dihari penanaman embrio), agar sperma dan rahim netral, ini dimulai paling tidak sebulan sebelum program bayi tabung, sebaiknya tetap hindari makanan pedas dan asam tersebut sampai bayi lahir.
  4. Bila anda dari luar kota, maka persiapkan juga tempat tinggal dan perkiraan transportasi yang nyaman dan sesuai budget dan dekat dengan klinik tersebut. Untuk akomodasi setelah penanaman, pastikan tempat tinggal memiliki sirkulasi udara yang baik.
  5. Bila anda dari luar kota, bawalah pakaian yang nyaman dan secukupnya dan browsing juga laundry / tempat cucian yang dekat dengan hotel agar koper tidak terlalu penuh oleh pakaian-pakaian yang tidak diperlukan.
  6. Ambil juga katering yang cocok untuk ibu hamil (tidak mengandung msg), penting bagi si ibu untuk tercukupi gizinya secara sehat selama program bayi tabung ini.
  7. Belajarlah untuk buang air kecil dalam posisi tidur di pampers dewasa, latihan pipis pada pampers diatas kasur ini terutama untuk yang akan menjalani proses penanaman, karena anda akan bedrest setelah penanaman embrio, dan sebaiknya tidak banyak bergerak sekitar 6 jam. Pastikan anda bisa / terbiasa melakukan pipis diatas kasur pada pampers dengan tidak naik turun ranjang, meskipun ini terdengar konyol, tetapi anda kelak akan berterimakasih karena telah mendapat saran ini.
  8. Menjauhi bahan-bahan kimia menjelang program bayi tabung, tidak memakai parfum atau bahkan sekedar minyak angin / kayu putih, tidak menggunakan kosmetik pemutih wajah siang-malam, tidak memakai pewarna rambut, dan atau bahan kimia lainnya yang menempel pada tubuh.
  9. Bila anda dari luar kota jangan lupa membawa gunting kuku, sisir, gelas dan piring sendiri yang jelas lebih higienis daripada gelas dan piring hotel yang dicuci secara massal.
  10. Terakhir, jangan lupa membawa dokumen KTP sebagai bukti suami istri sah, karena bayi tabung di Indonesia mewajibkan bahwa peserta harus suami dan istri yang sah. Kalau perlu simpan juga foto dokumen seperti KK dan Surat Kawin pada handphone anda, sebagai antisipasi seandainya klinik tersebut juga meminta dokumen tersebut.

Bila anda berasal dari luar kota dan terlalu repot untuk mengurus hal-hal tersebut maka bisa juga anda mempercayakan mobil (transportasi antar jemput bandara, hotel, dan rumah sakit), katering, hotel, kepada kami.

Recent Comments
    Archives
    Categories
    • No categories