Tahapan Bayi Tabung

Tahapan bayi tabung pada setiap pasien akan berbeda tergantung situasi dan tindakan yang diperlukan, tetapi untuk menyederhanakan disini akan diberi gambaran umum yang terjadi bila tidak ada masalah berarti.

Program Bayi Tabung bagi pasangan pasutri bisa dibagi menjadi 4 tahapan:

  1. Tahap pembesaran dan pematangan sel telur wanita (10 – 14 hari)
  2. Pengambilan sel telur dan pembuahan di laboratorium (3-5 hari)
  3. Penanaman embrio ke rahim pasien wanita, sampai pengumuman hamil secara kimia (10 hari)
  4. Pengumuan hamil secara kimia sampai pengumuman hamil secara klinis (20 hari)

Jadi total waktu yang dibutuhkan untuk satu kali siklus bayi tabung adalah sekitar 45 hari, tetapi tentu saja anda bebas memilih sampai tahap dimana anda akan tetap berada disekitar rumah sakit. Biasanya perempuan harus menyediakan waktu paling tidak sebulan yaitu sampai pengumuman keberhasilan saja, sedangkan suaminya tergantung niat dan kesibukan, biasanya bagi yang super sibuk cukup menyediakan waktu 2 hari dikonsultasi awal untuk screening dan 1 hari pada hari pengambilan sel telur istri saja.

Biaya yang keluar per tahapan bayi tabung:

  1. Tahap pembesaran dan pematangan sel telur wanita, biayanya sangat bergantung pada usia, tinggi, dan berat wanita tersebut. Berapa ampul yg akan didapat oleh calon ibu, dan berapa cepat efek pematangannya, sehingga ditentukan pula berapa kali harus test lab dan usgnya. Bila usia dibawah 35th biasanya akan diberikan dosis 2 ampul, maka bila per ampul harganya 700rb maka perkiraan sampai tahap ini selesai akan memakan biaya sekitar 25jt-an, sebaliknya bila calon ibu memiliki bobot berat dengan usia diatas 40th kemungkinan akan diberikan diatas 3 ampul, maka pada tahapan ini bisa memakan biaya lebih dari 40jt-an.
  2. Pengambilan sel telur dan pembuahan di laboratorium, nah inilah inti yang dimaksud dengan proses bayi tabung, biaya sangat tergantung dari klinik penyedia jasa bayi tabungnya tersebut. Biasanya untuk di Indonesia sekitar 18jt sampai dengan 35jt.
  3. Penanaman embrio ke rahim pasien wanita, sampai pengumuman hamil secara kimia, untuk penanamannya ke rahim istri maka biayanya antara 7jt sampai 18jt.
  4. Pengumuan hamil secara kimia sampai pengumuman hamil secara klinis, biayanya sangat tergantung dari akomodasi yang dipilih pasangan calon orangtua. Bila pasangan tersebut memilih tinggal di hotel bintang 5 selama menunggu maka tentu akan mahal, tetapi bila calon orang tua ternyata adalah orang lokal sekitar klinik tentu malah tidak menambah biaya secara berarti.

Selanjutnya apabila pada percobaan penanaman pertama terjadi kegagalan, dan pasien ternyata memiliki tabungan embrio yang dibekukan maka proses akan diulang mulai dari tahapan penanaman saja.

Selengkapnya mengenai perkiraan biaya bayi tabung bisa klik disini

Recent Comments
    Archives
    Categories
    • No categories